Selasa, 15 Maret 2011

Amanah Ummah


Oleh : Abu Aisyah As-Silasafi

Sebagaimana sudah kita ketahui bersama bahwa Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang tidak ada keraguan di dalamnya, Allah ta’ala berfirman :
الــم {1} ذَلِكَ الْكِتَابُ لاَ رَيْبَ ِفيهِ هُدَى لِلْمُتَّقِينَ
Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa. QS Al-Baqarah : 1-2.
Maka wajib bagi kita sebagai seorang muslim untuk taslim dan meyakini bahwa semua yang ada di dalam Al-Qur’an adalah kebenaran.
Di antara berita yang terdapat di dalam Al-Qur’an adalah firmanNya dalam QS Al-Ahzab : 72-73 :
إِنَّا عَرَضْنَا اْلأَمَانَةَ عَلَى السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَالْجِبَالِ فَأَبَيْنَ أَن يَحْمِلْنَهَا وَأَشْفَقْنَ مِنْهَا وَحَمَلَهَا اْلإِنسَانُ إِنَّهُ كَانَ ظَلُومًا جَهُولاً
Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanah kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh,
لِّيُعَذِّبَ اللهُ الْمُنَافِقِينَ وَالْمُنَافِقَاتِ وَالْمُشْرِكِينَ وَالْمُشْرِكَاتِ وَيَتُوبَ اللهُ عَلَىالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَكَانَ اللهُ غَفُورًا رَّحِيمًا {73
sehingga Allah mengazab orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang musyrikin laki-laki dan perempuan; dan sehingga Allah menerima taubat orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Ayat ini adalah ayat yang sangat agung ia meliputi inti dari seluruh isi Al-Qur’an. Jika ayat lain berbicara secara tegas mengenai tugas dan tanggung jawab manusia, maka dalam ayat ini diberikan semacam alasana kenapa manusia diberikan beban amanah tersebut. Selain itu juga disebutkan history atau sejarah dari awal mula beban taklif ini.
Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di dalam tafsir beliau Taisir Karim Ar-rahman Fi Tafsir Kalam Al-Manan beliau menyatakan :
عظم تعالى شأن الأمانة، التي ائتمن اللّه عليها المكلفين، التي هي امتثال الأوامر، واجتناب المحارم، في حال السر والخفية، كحال العلانية، وأنه تعالى عرضها على المخلوقات العظيمة، السماوات والأرض والجبال، عرض تخيير لا تحتيم، وأنك إن قمت بها وأدَّيتِهَا على وجهها، فلك الثواب، وإن لم تقومي بها، [ولم تؤديها] فعليك العقاب
Allah ta’ala menganugerahkan amanah kepada mukallifin. makna amanah sendiri adalah : امتثال الأوامر، واجتناب المحارم Melaksanakan perintah-perintahnya dan menjauhi larangan-larangannya. Selanjutnya beliau menafsirkan :
فَأَبَيْنَ أَن يَحْمِلْنَهَا
خوفًا أن لا يقمن بما حُمِّلْنَ، لا عصيانًا لربهن، ولا زهدًا في ثوابه، وعرضها اللّه على الإنسان، على ذلك الشرط المذكور، فقبلها، وحملها مع ظلمه وجهله، وحمل هذا الحمل الثقيل.
Ketika Langit, bumi dan gunung-gunung ditawarkan amanah ini mereka enggan untuk menanggungnya karena khawatir tidak mampu melaksanakan amanah itu sehingga mengakibatkan akan bermaksiat kepada Allah ta’ala.
Maka selanjutnya amanah itu ditawarkan kepada manusia, dalam hal ini Nabi Adam- dengan syarat-syarat yang telah ditentukan maka manusia menerimanya dengan kedzaliman dan kejahilan yang ada pada mereka.
Dalam tafsir Ibnu Katsir disebutkan bahwa ketika Allah ta’ala menawarkan amanah ini kepada makhluk-makhlukNya yang besar dan perkasa akan tetapi menolaknya maka Allah azza wa jalla menawarkannya kepada Adam, maka ia pun menerima amanah tersebut.
Amanah dalam ayat ini bermakna syariat Allah ta’ala yang berisi perintah-perintah dan larangan-larangannya.
Allah ta’ala berfirman :
تِلْكَ حُدُودُ اللهِ فَلاَ تَعْتَدُوهَا وَمَن يَتَعَدَّ حُدُودَ اللهِ فَأُوْلاَئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ
Itulah hukum-hukum Allah, maka janganlah kamu melanggarnya. Barangsiapa yang melanggar hukum-hukum Allah mereka itulah orang-orang yang zalim. QS Al-Baqarah : 229.

Sejatinya makna amanah sangatlah luas, ia meliputi segala hal yang menjadi tanggungan kita untuk dilaksanakan. Secara runtut dapat disebutkan bahwa amanah pertama adalah beban taklif setiap manusia untuk menyembahnya. Allah ta’ala berfirman :
وَمَاخَلَقْتُ الْجِنَّ وَاْلإِنسَ إِلاَّلِيَعْبُدُونِ
Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku QS Adz-Dzariyat ayat 56.
Rasulullah SAW pernah bersabda mengenai makna amanah dengan sabdanya :
…………..Ayatul munafiqun tsalastun……………………………………………...
Tanda-tanda orang munafik ada tiga : apa bila berkata ia dusta, apabila ia berjanji mengingkari  dan bila ia diberi amanah ia khianat. HR Bukhary.
Dalam hal ini tentu kita mengenal adanya dua jenis munafiq :
  1. Munafiq I’tiqadi
  2. Munafiq ‘amali
Maka makna amanah dalam konteks ayat dalam QS Al-Ahzab adalah semua hal yang menjadi tanggungan bagi manusia untuk dilaksanakan. Sayid Quthb dalam Tafsir Fi Dzilal Al-Qur’an menyebutkan mengenai ayat ini dengan berkata bahwa makna amanah adalah beban dan tugas-tugas keagamaan yang
Dibebankan kepada manusia semua. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...