Kamis, 17 Maret 2011

Apa Yang Kita Wariskan?


Oleh : Abdurrahman Misno


Apa yang terlintas pertama kali dalam benak anda yang menjadi jawaban ketika di sodorkan pertanyaan ini? jawablah dengan jujur. Ada dua jawaban yang akan segera terlintas dalam benak kita dan dua jawaban ini menjadi sebuah bukti nyata hakikat diri kita. Jawaban pertama yaitu harta yang banyak dan thethek bengek keduniaan lainnya, jawaban kedua adalah sebuah warisan yang maha agung yang akan membuat dunia ini damai dan akhirat yang terjaga. Jawaban pertama akan segera terlintas pada orang-orang yang selalu disibukan dengan dunia tidak ada tempat lagi untuk memikirkan yang lain, sementara jawaban kedua akan muncul dari diri seorang hamba yang memang hatinya dipenuhi dengan cahaya iman sehingga hal pertama yang terlintas adalah bagaimana agar warisan yang ditinggalkan adalah warisan spiritual yang menjadi dasar bagi kedamaian kehidupan penerusnya. Sebuah warisan yang diwariskan secara turun temurun oleh para Nabi dan orang-orang Sholeh.
Jangan pernah berfikir bahwa warisan ini membuat generasi kita mundur dan terbelakang, bahkan ketika seseorang itu telah dipenuhi dengan ruh Islam maka dunia akan mengikutinya, kenapa? karena Islam tidaklah melupakan dunia sebagaimana firmannya  “ ….. dan janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia “. Islam juga menyuruh ummatnya untuk bekerja untuk kesejahteraan di dunia yang sekaligus menjadi sarana untuk sampai ke Akhirat.
Kita juga tidak seratus persen menyalahkan jawaban pertama mengingat keadaan masyarakat kita yang memang telah banyak diracuni oleh paham materialisme, sehingga hal pertama yang terlintas adalah dunia. Selain itu juga pemikiran mereka yang telah banyak memisahkan antara masalah dunia dan masalah akhirat padahal sejatinya keduanya saling terkait antara yang satu dengan yang lainnya. Paham-paham inilah yang membuat masyarakat kita sangat mementingkan dunia, mengumpulkannya untuk diwariskan kepada anak cucunya.
Warisan yang seharusnya menjadi sesuatu yang sangat berharga untuk kita wariskan adalah Islam yang telah dipraktekan oleh para shahabat yaitu Islam yang begitu bening yang membawa kedamaian bagi seluruh ummat manusia. Wallohua’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...