Selasa, 08 Maret 2011

Kiat Jitu Membagi Waktu

Tips Jitu Mengatur Waktu
Oleh : Bambang Sahaja


Setiap kita diberi kenikmatan berupa waktu selama dua puluh empat jam dalam sehari semalam. Waktu yang cukup dan memang harus dicukupkan untuk segala aktifitas kita. Dua puluh empa jam bukanlah waktu yang pendek untuk diisi dengan berbagai aktiftas yang bernilai terutama nilai yang menjadi tujuan hidup manusia yaitu beribadah kepadaNya. Namun waktu dua puluh empat jam juga bukanlah waktu yang lama untuk menyelesaikan semua aktifitas harian kita, seorang teman sering berkomentar “Seandainya hari ditambah menjadi delapan hari tentu saya akan lebih banyak bisa melakukan aktifitas harian saya” sementara teman yang lainnya mengatakan “Coba sehari ada dua puluh lima jam, pasti saya bisa membagi waktu lebih leluasa”
Namun hari dan jam tidak akan mungkin berubah dan ditambah, hanya waktu yang harus kita atur agar dapat menggunakannya sesuai dengan porsinya.  
Sebagai contoh ini adalah agenda harian saya sehari-hari :
1.      Bangun pagi pukul 04.30 lalu shalat berjama’ah di masjid dan selesai pukul 05.00
2.      Pada pukul 05.00 saya lanjutkan dengan qiroah (membaca) Al-Qur’an dilanjutkan dengan menulis sebagai aktifitas rutin hingga pukul 06.00.
3.      Pada pukul 06.00 beres-beres rumah dan sarapan hingga pukul 06.30.
4.      Pukul 06.30 bersih-bersih badan dan berangkat ke kantor.
5.      Di kantor dari pukul 07.00 hingga 15.00
6.      Selesai dari kantor 15.00 mengajar privat di beberapa tempat hingga pukul 20.00 atau 21.00
7.      Jadwal tidak rutin berlaku pada hari-hari tertentu
Melihat jadwal yang padat seperti ini saya harus mengatur agar waktu yang hanya dua puluh empat jam itu dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.
Ada beberapa hal yang dapat dijadikan pedoman agar kita dapat menggunakan waktu secara efektif, saya sendiri sering melakukan sesuatu ketika itu sudah mendekati dead line. Hal ini dikarenakan kalau tidak dipaksakan sepertinya susah untuk melakukannya. Ini biasanya dilakukan ketika ada acara-acara yang sifatnya tidak rutin, seperti mengadakan acara seminar, pembuatan jurnal atau kegiatan keluarga.
Tips untuk mengatur waktu menurut saya hanya satu yaitu gunakan waktu itu sesuai dengan yang menjadi prioritas saat itu juga. Misalnya pada pukul 05.00 saya harus membaca Al-Qur’an dan menulis maka waktu itu saya optimalkan untuk melakukan aktifitas tersebut. Totalitas dalam melakukan aktifitas adalah kunci dalam mengatur ini sehingga tidak ada kegiatan yang tertunda dikarenakan berbagai alasan kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...