Senin, 14 Maret 2011

Kerja Apa Doyan…….?


Oleh : Abu Aisyah


Kerja cerdas adalah salah  satu dari kunci hidup sukses, ia tidak hanya bekerja dengan tenaganya saja melainkan juga menggunakan otaknya. Persaingan hidup yang semakin ketat memaksa setiap manusia untuk terus meningkatkan kualitas kerjanya. Dengan kerja cerdas seseorang akan dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan sempurna. Selanjutnya, bagaimana jika pekerjaan telah selesai apakah kita harus berleha-leha? Atau hura-hura untuk menghilangkan kepenatan bekerja?
Ketika satu pekerjaan telah terselesaikan maka tidak ada alasan untuk kemudian kita berhura-hura, apalagi jika hura-hura tersebut mengarah kepada sesuatu yang diharamkanNya. Ini jelas tidak sesuai dengan tuntunan agama. Lantas bagaimana solusinya?
Mari sejenak kita pelajari firmanNya yang mulia :
فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ وَإِلىَ رَبِّكَ فَارْغَب
Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap. QS Ay-Syarh : 7-8.
Sebuat ayat yang singkat namun syarat dengan manfaat. Allah ta’ala menyebutkan bahwa jika kita telah selesai dari suatu pekerjaan atau sebuah urusan maka kembalilah bersemangat untuk melakukan pekerjaan lainnya. Masya Allah luar biasa…… beginilah seharusnya etos kerja seorang muslim. Bekerja dengan sungguh-sungguh dan kembali melaksanakan tugasnya setelah satu tugas terselesaikan. Lalu bagaimana penggunaan jeda waktu setelah terselesaikannya pekerjaan?
Berhenti sejenak untuk kembali mengumpulkan tenaga dan perbekalan tidaklah mengapa, atau beristirahat sejenak untuk mengatur strategi dalam menghadapi tantang kerja berikutnya juga tidak apa-apa. Yang tidak dibenarkan adalah terlena dengan hasil kerja sebelumnya sehingga lupa ada pekerjaan lain menunggu di depan sana….. tidak berkenaan berleha-leha dan bangga dengan hasil pekerjaan kita. Merujuk pada ayat sebelumnya, ketika kita telah menghasilkan sebuah maha karya….. bersiaplah kembali untuk membuat kembali maha karya yang lebih dari sebelumnya. Anda telah melakukanya……?  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...