Jumat, 04 Maret 2011

Ringan sama dijinjing berat elo yang pikul


Oleh : Ananda Muhammad


Gue lagi sebel banget sama si Husni, masa' giliran kerja bakti dia ogah-ogahan pas dibagi konsumsi paling duluan dapetnya. Si ferdi juga samaan, giliran suruh piket susahnya minta ampun padahal cuman bagian ngebuang sampah doang susahnya minta ampun. Emang.... anak sekarang cuman mau enaknya doang, males banget kalo disuruh-suruh, apalagi disuruhnya yang berat-berat kaya' kerja bakti, piket, nyapu, ngepel, nyangkul, ngebajak di sawah.... (ya iyyalah).
Intinya sih kalo udah kerja bareng kaya'nya berlaku banget tuh semboyan “Ringan sama dijinijng berat elo yang pikul” udah ga ada lagi solidaritasnya, individualis banget alias mementingkan diri sendiri. Emang udah jamannya kali ya..... kaya' republik Indonesia ini, rasa nasionalis warganya udah pada tipis. Orang Islam juga sama, saudarnya di palestina, Iraq, Libya dan di tempat lainnya dibantai diem aja ( nah.. loh). Bener lagi, jadi jangan salahin anak mudanya dong.... orang gedenya aja sama.
Jujur aja sih... kondisi masyarakat kita yang bikin kita sering kali bersikap kaya' gitu. Gue sendiri ngerasa kalo ngurusin orang itu bikin pusing, mendingan ngurusin sendiri, orang lain? Cueikn aja... apa hubungannya?
Friend.... kaya'nya pikiran beginian gak cocok deh buat kita yang muslim. Soalnya kita tuh disuruh banget buat ngebantu orang lain, gak individualis gitu. Lagian juga some time pasti dong kita juga butuh orang lain. Semboyan “Ringan sama dijinijng berat elo yang pikul” emang udah diplesetin sih, tapi udah membudaya di sekitar kita, orang udah jarang ngeliat temennya sengsara mau ngebantu. Gue dulu ngeliat ada orang yang tabrakan eh.... yang lain cuman ngeliatin. Diminta bantuannya manggil mbil buat ngangkat korban malah bilang lagi buru-buru langsung ngacir... coba gimana perasaan loe kalo loe sendiri yang ngalamin kecelakaan itu? Sakit khan? Makanya jangan dengerin deh semboyan kaya' gini. Itu sikap hidup undividualis yang gak sesuai banget dengan Islam, agama yang mulia ini memerintahkan kita untuk selalu membantu orang lain, bahkan nih... Nabi yang mulia udah bilang kalo tiap hari itu setiap bagian dari tubuh kita tuh ada shadaqahnya and salah satunya adalah ngebantu orang di pasar ngangkatin dagangannya ke kendaraannya, nyingkirin gangguan di jalan juga shadaqah, buang sampah di tempatnya juga shadaqah, senyum sama temen kita juga shadaqah. Intinya mah..... kalo loe ngebantu orang lain itu udah diitung shadaqah or amal sholeh. Loe mau khan masuk surga? so.... amalin deh ngebantu orang lain. And kalo beban ini ringan kita bawa bareng-bareng kalo berat ya..... bawa bareng-bareng juga. Setuju?  Harus itu....   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...