Jumat, 04 Maret 2011

Bersatu Kita Teguh Bercerai...... Kawin Lagi !


Oleh : Bambang Sahaja

“Ngapa sih bang, perasaan nikah baru berapa bulan ko' udah cerai aja?”
“Namanya juga rumah tangga, ada aja godaannya, ntar loe juga ngrasain sendiri” itu kata Bang Husain yang udah beberapa kali ganti-ganti istri. Kalao dia bilang emang berumah tangga itu susah-susah enak. Ada aja gangguannya, ngeliat rumput tetangga lebih ijo lah....., ga' ada kecocokan, beda pedapat dan masih banyak benget yang lain yang menjadi sebab perceraian terjadi. Kalo ngeliat Bang Husain sih sebenarnya dari segi harta cukup, orangnya juga ramah dan nggak sombong cuman ya nggak tau, udah tiga kali gonta-ganti bini.
Bersatu Kita Teguh Bercerai......? Kawin Lagi ! Tapi sebenarnya itu bukan prinsipnya Bang Husain, dia sebenarnya tipe lelaki setia, cuman ya seperti dia omongin tadi rumah tangga itu emang gampang-gampang susah. Lakinya udah setia eh... bininya mendua di luar sana, istrinya shalihah lakinya ga gennah. Ada juga yang dua-duanya sama-sama ngaji eh... ternyata ada aja prinsip idup yang beda dari keduanya, yang satu suka jajan yang satu lagi hemat kelebihan. Yang satu pendiem banget yang satunya lagi ceriwis minta ampun. Ada juga lakinya masih bau kencur bininya bau kubur..... (Gak ngehina ya....ini fakta).
Rumah emang begitu adanya, bayangin aja dua makhluk yang berbeda harus bersatu dalam satu tempat yang sama setiap hari ketemu, padahala latar belakang keduanya berbeda. Tentu saja akan terjadi pergesekan dan pertentangan. Lah wong... tetangga aja yang tidak serumah tapi sering ketemu ada aja masalahnya apalagi laki-bini yang tinggal serumah, seranjang lagi. Wah.... wah.... siap-siap aja deh... kalo yang belum nikah negerasain kaya' Bang Husain. Dia yang kalem abis sering anget diomelin bininya, yang naruh baju kotor semabrangan lah.... nggantung baju tangan sebelahnya ga masuk. Naruh anduk di tempat tidur, make sabun spesial buat bini sampai masalah kemasyarakatn lainnya. Apalagi kalo mertua di depan mata...... ini lebih berbahaya (tapi tergantung mantu-mertua sih....).
Bukannya nakut-nakutin, buat persiapan aja kalo yang belum nikah. Kalo yang udah ya harus dicari jalan keluarnya lah..... jangan dikit-dikit cere..... (pake “e”). Akhirnya keluar deh sloga lelaki sejati Bersatu Kita Teguh Bercerai...... Kawin Lagi ! Yang rugi siapa coba? Bini.... ga ada yang nyari nafkah lagi....? (enggak kalee, kalo gue mending cerai daripada idup sama laki yang jarang mandi (ups... emang ga pernah mandi wajib?) bukan... maksudnya jorok abis, udah jarang mandi, kerjanya ngeberantakin rumah jadi kaya' kapal pecah, udah gitu …. ah pokoknya ga cocok deh sama gue.
Masalah kecil kaya gini nih yang biasanya kalo didiamkan akan jadi besar, ibarat api dalam sekam, kalo terus didiemin bisa jadi akan menjadi bom waktu yang sewaktu-waktu bisa meledak dan cerai.....  jalan keluarnya.
Emang sih.... kalo ngeliat Islam gak nglarang cerai. Hadits yang bilang kalo cerai adalah “Sesuatu yang dihalalkan Allah namun dibeci adalah cerai” juga hadits lemah jadi intinya cerai ya.... boleh aja. Apalagi kalo udah tidak ada lagi kecocokan antara keduanya. Dari pada hidup bagai di neraka, rumah laksana penjara, ranjang seperti medan perang ya mending cerai......
Cuman kalo cerai.... terus yang dipikirin sepertinya juga kudu mikir lagi deh, kaya'nya ada yang salah dalam diri kita. Apaan tuh? Kesabaran,  perhatian, pengertian dan saling percaya kita kudu dipupuk lagi. Soalnya yang namanya rumah tangga udah barang tentu butuh semua itu terutama pengertian, ia menjadi obat paling mujarab buat ketentraman rumah tangga. Sekali lagi pengertian...... itu yang bikin kita lebih dewasa, kalau Bang Husain tadi sering kawin-cerai itu kaya'nya ada indikasi dia atawa bini'nya kurang pengertian, mau menang sendiri, tidak menghargai pihak lain (emang berapa harganaya....?) dan tidak ada saling percaya.
Ini nih.... resep hidup berumah tangga saling pengertian alisan salin memahami terutama kelebihan dan kekurangan pasangan. Kalo pas lagi pacaran dulu mungkin yang telihat paca r kita adalah semua yang indah-indah. Buat yang gak pacaran biasanya kalo pas ta'aruf dan nadzar ga ngebuka aib dan kekurangannya, jadi yang terbayang adalah keshalihan dan kebaikannya. Kita jarang menyiapkan diri untuk menerima segala bentuk kekurangannya. Kalo emang udah terjadi berarti dari sekarang nih, rasa pengertian dan saling memahami kelebihan dan kekurangan pasangan kita kudu terus ditingkatkan.
Ane punya temen bini'nya udah jelek (sorry... ini menurut dia), rebek and bengek lagi (penyakitan maksudnya) ditambah ga bisa masak lagi... sengsara khan? Pagi-pagi disediain makan sama sayur sop yang ayamnya masih ada darahnya (belum matang). “Adik mana cocok pagi-pagi makan nasi sama sayur sop” begitu ucapnya. Sang istri menjawab “Bang.. syukuri aja usah cocok-cocokan deh” coba pembaca pendapatnya seperti apa kalo ada kasus kaya' gini, hidup bertahun-tahun masaknya gatot (gagal total) melulu. Emang sih ini masalah selera, tapi bukan cuman itu ini masalah pengertian dan saling memahami..... jadi pengertian mutlak diperlukan dalam rumah tangga plus saling memahami kelebihan dan kekurangan pasangan.
Karena itu kalo bersatu kita teguh bercerai bukan kawin lagi.... tapi cari solusi apa kira-kira yang membuat perceraian terjadi. Apakah karena diri ini? Si dia yang gak setia lagi? Pengertian yang setipis kulit ari? Atau ada orang ketiga yang bikin iri? Atau selera laki yang mau nambah lagi......? yang pasti rumah tangga emang butuh banget yang namanya pengertian dan saling memahami. Jadi dari sekrang deh.... pupuk terus pengertian dan saling memahami itu, biar rumah tangga seindah surga kitapun bahagia sepanjang ada di dunia and kalo bisa berlanjut hingga di surga bersama nabi yang mulia dan memandang wajahNya di sana, semoga....... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...