Senin, 23 Januari 2023

Ada Apa Denganku?

Oleh: Ahmad Berhimin, SE., ME (Putra Lintang)

 


Secara lahiriah setiap manusia dilahirkan di dunia ini akan begitu sempurna termasuk dari fisik atau jiwanya, sehingga kita patut untuk bersyukur kepada Allah ta’ala sebagai bukti kita diciptakan dengan kesempurnaan. Akan tetapi saya sangat-sangat bingung dengan keadaan yang saya alami atau rasakan, apa ini sebuah kelebihan atau suatu kekurangan?

Rasa atau perasaanku sangat peka sekali dan sangat gampang sekali tersentuh. Hal ini terkadang membuat saya tersiksa dan terkadang membut saya Bahagia. Tersiksanya karena tidak bisa sama sekali mendengar kata-kata kasar, tidak bisa sama sekali mendengar kata ledekan dan terkadang juga mendengar kata orang berkata kencang tanpa sebab menbuat rasa dan perasaanku jadi bersedih atau baper istilah anak muda sekarang.

Hal yang menbuat saya bahagia adalah saya menjadi seorang yang sangat penyabar, seorang yang penuh toleransi dan sangat peka akan kebaikan. Akan kah saya merasa kebingugan dengan semua yang saya alami dan rasakan??? Ada Apa Denganku???

Terkadang diselimuti kebingungan yang sangat mendalam padahal seharusnya tidak seperti itu sesuai dengan anjuran dan perintah dari Allah Ta’ala untuk selalu mengingatNya dan bersyukur dengan semua yang ada:

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku,” (QS Al-Baqarah: 152).

Perintah syukur ini juga disebutkan kembali dalam firmanNya:

بَلِ اللَّهَ فَاعْبُدْ وَكُنْ مِنَ الشَّاكِرِينَ

“Karena itu, maka hendaklah Allah saja kamu sembah dan hendaklah kamu termasuk orang-orang yang bersyukur,” (QS Az-Zumar: 66).

Maka, selalu mengingat Allah Ta’ala serta bersyukur dengan semua yang ada, itulah mungkin yang harus selalu saya tingkatkan. Maka terjawablah sudah pertanyaan “Ada Apa Denganku?” jawabannya adalah karena saya adalah manusia, sehingga memiliki kelebihan dan kekurangan. Tugas kita di dunia adalah beribadah kepadaNya dan selalu bersyukur denga napa yang ada.

Semua yang saya rasakan dan alami adalah bersumber dari Allah ta’ala dan saya sebagai mahluk ciptaanNya harus bisa menerima dan bersyukur atas semuanya, karena atas kehendakNya-lah semua yang ada di dunia bisa berjalan, dengan kita bersyukur akan mendapatkan pahala dan membuat hidup bahagi dunia dan akhirat. @ ABEE 180123

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...