Minggu, 15 Januari 2023

Sebarkan Terus Kebajikan…

Oleh: Misno bin Mohammad Djahri

 


Kemauan tekhnologi informasi dan komunikasi tidak hanya memberikan manfaat bagi umat manusia, tapi di sisi lain ia membawa dampak negatif yang sangat terasa. Salah satunya adalah tersebarnya kekafiran, kesyirikan, kemaksiatan dan semua hal yang bertentangan dengan nilai-nilai mulia syariah Islam. Tidak terhitung bagaimana berita, photo, audio dan video yang tersebar di berbagai media mendeskriditkan Islam, menyebarkan paham-paham kekufuran, kemasksiatan dan berbagai hal yang bertentangan dengan syariah Islam. Oleh karena itu harus ada pihak-pihak yang terus menyebarkan kebajikan dan kebaikan sebagai salah satu bentuk amar ma’ruf nahi munkar.

Menyebarkan kebaikan adalah amalan yang sangat mulia, bahwa ia menjadi salah satu wasiat dari Lukman al-Hakim kepada anaknya:

وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَى مَا أَصَابَكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

“Dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah)” QS. Luqman: 17.

Ayat ini tentu saja berlaku umum kepada seluruh umat Islam untuk mengajak manusia kepada kebajikan dan mencegah segala bentuk kemungkaran. Maka, menyebarkan kebaikan di media sosial walaupun terkesan kecil tapi hakikatnya besar pahalanya di sisi Allah Ta’ala, sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata pada Jabir bin Sulaim,

وَلاَ تَحْقِرَنَّ شَيْئًا مِنَ الْمَعْرُوفِ وَأَنْ تُكَلِّمَ أَخَاكَ وَأَنْتَ مُنْبَسِطٌ إِلَيْهِ وَجْهُكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنَ الْمَعْرُوفِ

“Janganlah meremehkan kebaikan sedikit pun walau hanya berbicara kepada saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya. Amalan tersebut adalah bagian dari kebajikan.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi.

Jangan meremehkan sekecil apapun kebaikan, misalnya sekadar membagikan (share) tulisan yang membawa kepada kebajikan yang membacanya. Semoga itu menjadi salah satu dari amal sholeh kita, selain juga karena banyaknya berita dan bacaan yang mengajak kepada kekufuran, kemaksiatan dan hal-hal yang bertentangan dengan syariat Ar-Rahman. jangan pernah lelajh untuk menyebarkan kebajikan, karena begitu banyak pihak yang selalu menyebarkan keburukan. Ayo sebarkan kebajikan… 15-12023.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...