Kamis, 05 Januari 2023

Tetanggaku yang Membuatku Paham

Oleh: Ahmad Berhimin, SE

 


Timbulnya permasalahan yang terjadi di antara tetangga salah satunya adalah pemilik rumah sendiri atau dibilang rumah pribadi dengan penghuni rumah kontarakan (yang ngontrak). Demikian juga bisa terjadi di antara rumah pribadi dengan rumah kontrakan baik yang kontrakan yang level sederhana /rendah atau dengan kontrakan super mewah /kelas tinggi atau eksklusif tidak memandang orang dari wilayah mana. dari budaya yang mana.

Semua ini bisa terjadi karena adanya dampak berbaurnya masyarakat yang tadinya homogen menjadi masyarakat yang heterogen yang menyebabkan terjadinya perubahan yang sangat signifikan dan cepat  tanpa melihat masyarakatnya siap atau tidak. Perubahan tersebut akan menjadi akar masalah yang ditimbulkan di kemudian hari

Salah satunya adalah perubahan pendapat atau ide yang harus disikapi dan direspon dengan kematangan berpikir. Rasa hati yang baik bijaksana dan rasa toleransi yang tinggi.  Terkadang karena perbedan tadi itu akan membuat etika dalam bertetangga juga akan berbeda.

Perbedaan dalam beretika inilah akan menimbulkan sesuatu konsekuensi yang bebeda pula di dalam kehidupan bertetangga. Banyak sekali perbedaan yang tidak melihat orang atau tetangga tersebut sudah dewasa atau belum, masih anak anak atau sudah dewasa  atau bependidikan atau tidak. Akan tetapi semua peristiwa atau kejadian tersebut harus di jalankan sebaik mungkin dan semulia mungkin agar tidak terjadi kesalahpahaman dan terjadinya gap antara kedua bela pihak karena masalah yang timbul.

Sebagai contoh niat kita memperbaiki kerusakan rumah salah satunya dinding yang terkelupas atau paku yang copot dan harus diganti apakah pantas dikerjakan di waktu malam hari. Kalaupun memang terpaksa dilakukan karena keterbatasan waktu karena siang bekerja atau karena tidak ada biaya. Jadi dikerjakan sendiri akan tetapi disinilah etika dalam bertetangga itu dipakai dengan cara apa?, yaitu dengan cara pamit dan izin baik baik sama tetangga dekat yang akan merasakan berisik imbas dari pekerjaan kita.  05012023.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...