Kamis, 05 Januari 2023

Perlakuan Pemimpin Dzalim

Oleh: Ahmad Berhimin, SE

 


Kehidupan di dunia menghadirkan banyak sekali permasalahan, ada orang yang kelihatannya kehidupannya aman, senang, bahagia penuh dengan bunga bunga bagai pelangi yang indah dan lurus-lurus saja tanapa ada aral melintang yang dijalaninya. Ada juga orang yang perjalanan kehidupannya penuh dengan pertumpahan dara, keringat bercucuran hingga hati dan perasaan penuh dengan gundah dan gulana bahkan bisa sangat tragis kisahnya.

Permasalah dalam suatu keluarga yang berasal dari bibit, bobot dan bebet yang sama pun tidak bisa menjamin kehidupannya yang akan datang menjadi baik, lurus, bagai penghuni surga. Akan tetapi garis tangan dan nasib tidak akan sama. Hal ini bisa terjadi di mana saja, kapan saja, dan dalam keadaan bagaimanapun juga.

Saya sebagai manusia  (mahkluk) yang diciptakan oleh Sang Khalik sama seperti mahluk yang lainya, akan tetapi kenapa perjalanan hidupku dan semua yang saya harapkan dan cita citakan sangat menyakitkan dan sangat menguras air mata penuh lika-liku bagaikan drama sinetron yang penuh dengan adegan-adegan dan seperti setingan yang harus dijalani.  

Saya sebagai manusia juga selalu mendapatkan perlakuan yang kurang baik dari orang-orang di sekitar saya, di lingkungan kerja juga seperti itu, rekan kerja yang tidak suka dengan saya, pemimpin yang dzalim dan tidak punya hati serta perasaana, yang selalu mengangap bahwa saya sebagai stafnya atau bawahannya adalah orang rendahan yang tidak ada harganya dan kualitasnya. Karena keegoisan pemimpin dan secara tidak langsung pemimpin menjadi pemimpin atau leadership yang arogan dan merasa menang sendiri. Pimpinan merasa mereka paling benar, baik, efektif padahal mereka secara tidk langsung mendzalimi bawahan atau staf mereka.

Pesan moralku adalah: Pertama, ingat kita hidup hanya satu kali jangan berbuat dzalim tanpa sadar. Kedua, Usahakan kita menyadari bahwa semua keinginan dan harapan itu finalnya karena Allah Swt. Ketiga, ingat pepatah bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna. Abe, 05012023.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...