Jumat, 13 Januari 2023

Menghadapi Masa Depan (2023-2024) dalam Perspektif Islam

Oleh: Dr. Misno, SHI., SE., MEI


Alhamdulillah, syukur kepada Allah ta’ala yang masih memberikan kepada kita untuk menghirup udara dan menikmati kehidupan di dunia yang fana. Belum lima belas hari kita memasuki tahun 2023, namun banyak prediksi, isu dan berita yang akan mewarnai hari-hari ke depan di tahun ini. Mulai dari isu resesi ekonomi, hingga suhu politik yang meningkat menjelang pemilihan presiden dan wakil presiden di tahun 2024.

Masalah ekonomi akan muncul dengan terjadinya inflasi yaitu kenaikan harga secara terus-menerus, ini akan menyusahkan masyarakat. Sementara resesi dunia yang akan berdampak kepada Indonesia akan menjadikan aktifitas ekonomi menurun dan berdampak signifikan kepada pendapatan masyarakat. Perang politik dan dagang antara Amerika dan China juga menjadi permasalahan bagi negara-negara lainnya.

Isu keamanan juga menjadi permasalahan yang terus berlangsung hingga 2023, radikalisme, terorisme dan fundamentalisme yang mengancam keamanan nasional dan internasional mesti disikapi dengan bijak. Apalagi jika isunya membawa nama agama Islam yang sejatinya membawa pada rahmat untuk semua. Tidak kalah menakutkannya yaitu isu politik menghadapi 2023 di mana gesekan-gesekan politik yang dibumbui dengan isu sara (suku, agama, ras dan antar golongan) menjadi semakin tajam. Bagaimana seorang muslim menghadapi ancaman-ancaman tersebut?

 

Islam telah memberikan pedoman hidup berupa keyakinan mendalam bahwa rizki telah diatur ooleh Allah ta’ala, sebagaimana firmanNya:

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا

“Dan tidak ada satupun makhluk yang berjalan di muka bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya” (Huud: 6).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

ثُمَّ يُرْسَلُ الْمَلَكُ فَيَنْفُخُ فِيهِ الرُّوحَ وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ بِكَتْبِ رِزْقِهِ وَأَجَلِهِ وَعَمَلِهِ وَشَقِىٌّ أَوْ سَعِيدٌ

”Kemudian diutuslah Malaikat kepadanya (janin, pent.). Malaikat itu meniupkan ruh kepadanya dan diperintahkan untuk menuliskan empat kalimat (ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah baginya), yaitu: (1) rizki, (2) ajal, (3) amal perbuatan dan (4) (apakah nantinya dia termasuk) orang yang celaka (masuk neraka) atau orang yang berbahagia (masuk surga).” HR. Muslim.

Merujuk pada ayat dan hadits tersebut maka jelas sekali sebagai muslim kita harus meyakini bahwa rizki itu sudah ditetapkan oleh Allah Ta’ala, tugas kita adalah berikhtiar dan berusaha menjemput rizki tersebut. Sehingga jangan takut dengan resesi ekonomi dengan segala macamnya, selama kita yakin dan percaya kemudian berusaha inshaallah aka nada rizki kita.

Selanjutnya adalah isu kemanan, maka sejatinya ini perlu disikapi dengan kembali menguatkan keimanan kita, belajar kembali tentang Islam yang benar agar tidak terjatuh kepada pemahaman yang mudah mengkafirkan orang atau melakukan kerusakan dengan alasan agama. Padahal jelas sekali bahwa Islam selalu menyebarkan kedamaian, keamanan dan kebaikan untuk seluruh semesta. Allah ta’ala berfirman:

وَما أَرْسَلْناكَ إِلاَّ رَحْمَةً لِلْعالَمِينَ

“Kami tidak mengutus engkau, Wahai Muhammad, melainkan sebagai rahmat bagi seluruh manusia” (QS. Al Anbiya: 107)

يا أيُّها النَّاسُ إنَّما أنا رحمةٌ مُهداةٌ

Sesungguhnya aku adalah rahmat yang dihadiahkan (oleh Allah). HR. Al Bukhari dalam Al ‘Ilal Al Kabir.

Selanjutnya adalah isu gesekan politik yang diprediksi terjadi di tahun 2024, maka dalam hal ini umat Islam juga harus dewasa, jangan sampai terbawa dalam konflik horizontal antar anak bangsa hanya karena pilihan yang berbeda. Utamakan akhlak, karena ia adalah hiasan bagi orang beriman dan tujuan diutusnya Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam:

إِنَّمَا بُعِثْتُ ِلأُتَمِّمَ صَالِحَ اْلأَخْلاَقِ.

“Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik.” HR. Bukkhari.

Semoga Allah Ta’ala memberikan kepada kita hidayah serta inayahnya sehingga mampu untuk menjalani hari-hari ke depan dengan penuh keimanan dan selalu menyandarkan kepadaNya dan dalam naungan syariahNya. Wallahua’lam, 13012023.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...