Rabu, 11 Januari 2023

Dunia Akademisi yang Aku Pahami

Ahmad Berhimin, SE., ME. (Putra Lintang)



 

Perjalanan yang aku lalui dari pertama aku kenal dengan namanya dunia akademis tidak seindah dan semulus yang aku bayangkan. Dahulu bayanganku bekerja di dunia akademisi sangat indah, penuh dengan orang-orang yang berpendidikan, penuh dengan orang yang sangat baik akhlaknya, penuh dengan  orang yang beretika dan sopan santun yang sangat berbudi luhur.

Bayangan dan imajinasi tentang dunia akademisi tersebut sangat bertolak belakang dan sangat menakutkan setelah aku kenal dan aku jalani. Terasa sesak dada melihat kenyataan yang saya hadapi setelah berkecimpung dengan dunia akademisi; penuh dengan kemunafikan, penuh dengan kehasutan, penuh dengan oknum yang tidak punya hati nurani, dan penuh dengan oknum yang hanya mementingkan urusan pribadi dan golongannya sendiri. Tidak ada keindahan dalam bertutur dan bertingkah laku  padahal Allah sudah memerintahkan dalam kalamNya:

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

Wa innaka la'alā khuluqin 'aẓīm
"Dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti yang luhur." Surat Al Qalam Ayat 4.

Berkenaan dengan akhlak mulia Rasulullah SAW, istrinya, Aisyah RA pernah ditanya oleh Qatadah mengenai gambaran akhlak dari beliau. Aisyah menyebut bahwa akhlak Rasulullah SAW adalah Al Quran, artinya seluruh aspek perilakunya termaktub di dalam Al Quran.

Kenapa hal ini bisa terjadi? padahal seharusnya dunia akademisi harus memberikan contoh dan tauladan kepada pihak yang lain, dan seharusnya dunia akademisi menjadi barometer agar output yang dihasilkan menjadi banchmark yang sangat terbaik dan efeknya bisa memberikan tren yang baik buat lingkungan yang lainnya.

Pada akhirnya, dunia akademisi sebagaimana dunia lainnya, akan kembali kepada para individu yang ada di dalamnya. Jika mereka adalah orang-orang yang bertakwa dan berakhlak seperti Rasulullah SAW dan para shahabatnya, niscaya dunia akademik akan indah dan menjadi taman-taman surga. Jika sebaliknya, maka dunia akademik juga akan nampak jahat dan dipenuhi oleh orang-orang yang hanya mementingkan diri sendiri, golongan dan keduniaan lainnya. ABE 120123.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...