Minggu, 01 Januari 2023

Sebuah Resolusi di Tahun 2023: Dari Menulis 300 buku hingga Keliling Dunia

 Oleh: Misno bin Mohamad Djahri

 


Hari ini adalah tanggal 01 Januari 2023, banyak masyarakat yang mulai merencanakan harapan, cita-cita dan resolusi di tahun ini. Tentu bukan mengikuti trends apalagi semacam merayakan tahun baru, tapi sekadar menjadi sebuah ingatan dan panduan dalam menapaki hari-hari ke depan. Setiap kita tentu memiliki mimpi, harapan dan juga keinginan-keinginan di masa yang akan datang, maka awal tahun ini bisa menjadi Langkah awal untuk Menyusun harapan-harapan dalam satu tahun ke depan.

Sebagai contoh adalah resolusi saya di tahun 2023 ini, tentu saja sebelumnya flashback dulu di tahun 2022. Salah satu dari cita-cita saya adalah menulis buku 3 kali lipat dari umur saya, kemudian cita-cita ini bertambah menjadi 5 kali umur saya sehingga jika umur saya 60 tahun maka 5 x 60 = 300. Sehingga saya harus menulis sebanyak 300 judul buku, dan Alhamdulillah faktanya hingga Januari 2023 ini jumlah buku dalam folder di internet sudah mencapai 256 sehingga target ini yakin inshaallah biidznillah akan tercapai. Hanya menambah 44 buku sangat mudah inshaallah diselesaikan di tahun 2023. Ini adalah cita-cita saya di tahun 2023 ini, yaitu menulis buku hingga 300 judul buku, baru setelah itu peningkatan dari kualitas buku akan terus ditingkatkan hingga target maksimal 500 judul buku.

Masih terkait dengan tulis-menulis, maka menulis jurnal menjadi sebuah kewajiban sebagai seorang dosen, dalam hal ini tidak ada target khusus tapi minimal satu tahun bisa 2-5 artikel jurnal yang terbit dan dapat diakses para pengguna internet. Demikian pula tulisan di website dan blog akan terus berlangsung, dengan target minimal datu bulan antara 3-10 tulisan yang merupakan refleksi dari pemikiran pribadi. Pembuatan video juga tidak ditarget, tapi karena hobby akan terus berjalan dan minimal dalam sebulan 5-10 video bisa diupload di channel youtube pribadi.

Harapan selanjutnya di tahun ini adalah akan menjadi mbah (kakek) bagi cucu pertama saya, mungkin akan sangat Bahagia ketika cucu pertama lahir. Bisa menghabiskan hari-hari Bersama cucu tercinta, saat ini mungkin masih sekadar angan-angan dan harapan. Inshaallah pada akhir bulan Januari-Maret harapan ini akan segera terwujud, menjadi mbah bagi cucu pertama saya.

Berikutnya adalah harapan yang menjadi hobby atau mungkin ikut-ikutan trend orang lain, yaitu jalan-jalan ke seluruh penjuru Indonesia dan dunia. Semoga keadaan semakin membaik dan transportasi darat, laut dan udara aman sehingga saya bisa kembali berkeliling mentafakuri semesta sebagai ciptaan Allah ta’ala. Tentu saja akan lebih bermakna apabila ditemani oleh orang-orang tercinta yang memberi makna dalam kehidupan saya.

Harapan-harapan lainnya masih banyak, misalnya lebih serius dalam mengurus Yayasan, usaha, target bebas dari semua tanggungan hutang, dapat berinvestasi untuk masa depan hingga meninggalkan secara perlahan hal-hal buruk yang mungkin selama ini dilakukan. Intinya adalah berusaha untuk terus menjadi lebih baik dan memberi makna bagi semesta.

Semoga Allah Ta’ala memudahkan semua urusan kita, dan harapan-harapan tersebut dapat terwujud di tahun 2023 ini, ikhtiar dan doa akan selalu dilakukan dalam upaya mewujudkannya. Wallahu a’lam. 01012023.

1 komentar:

Please Uktub Your Ro'yi Here...