Kamis, 12 Januari 2023

Lika-liku Kehidupan di Pasar

 Ahmad Berhimin, SE., ME (Putra Lintang)




Suasana malam hari bagi sebagian orang terkadang tidak ada artinya, akan tetapi bagi sebagian orang suasana malam itu sangat indah dan menguntungkan. Sejatinya malam hari adalah saatnya orang-orang beristirahat dan bersantai sebagaimana hukum alam itu terjadi. Akan tetapi pepatah atau sepenggal kata tersebut sudah tidak bisa berlaku kembali dengan kondisi alam atau dunia ini yang sudah mulai berubah dan sekarang ini. Perbedaan malam dan siang itu kalau dilihat bagaimana manusia memenuhi kebutuhan dan aktifitas sangat tipis sekali dan hampir tidak ada perbedaan, sebagian mereka bekerja pada siang hari sementara yang lainnya bekerja dan mencari nafkah pada malam hari.

Salah satu kegiatan di malam hari yang akan saya terangkan dan jelaskan adalah kegiatan di pasar khususnya pasar tradisional, dimana semua aktifitas berlangsung dan berjalan. Dari pedagang sayuran hingga pedagang pendukung lainnya seperti pedangan lauk, pedagang buah dan pedangang lainya yang menjual plastik, kue garing, bahan bakso dan bahan kue. Kehidupan malam para pedagang ini kelihatannya enak dan indah kita lihat. Namun apabila kita perhatikan ada sesuatu yang terpendam, saat kita bertatapan langsung dengan mereka.  

Hal ini karena semua yang kita lihat itu hanya tampilan atau casing-nya saja. Coba kita perhatikan secara seksama dan mendalam, betapa perjuangan mereka penuh dengan cucuran keringat dan penuh dengan lika-liku yang sangat mengkhawatirkan. Kenapa kita bisa berkomentar seperti itu? kita ulas ya. Mereka berdagang sayuran  atau berdagang buah, dengan kondisi situasi sekarang semua harga serba tidak menentu serba tidak ada kepastian, apakah mereka akan bahagia dengan yang mereka lakukan dan mereka jual?

Terkadang terbesit pemikiran tentang mereka apakah mereka memikirkan kondisi mereka dengan berjualan sayuran di pasar tradisional yang jaminan lingkungan tidak baik dan juga kurang sehat dan mereka jualan di pasar dengan kondisi di malam hari yang banyak sekali tantangan dan cobaan yang akan mereka hadapi. Kondisi jualan atau dagang pada malam hari sangat kurang bagus dan baik untuk tubuh manusia baik itu secara langsung atau tidak langsung.

Berdasarkan semua yang kita lihat dan perhatikan dari para pedagang dan para penjual di pasar tradisional, bisa kita ambil kesimpulan, bahwa apapun kondisinya dan bagaimana keadaannya kita wajib bisa me-manaje keadaan tubuh kita agar semua yang kita lakukan bisa berjalan dengan baik seperti anjuran dalam Islam:

وَاَنْفِقُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلَا تُلْقُوْا بِاَيْدِيْكُمْ اِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَاَحْسِنُوْا ۛ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ

Wa anfiquu fii sabiilillaahi wa laa tulqu bi'aidiikum ilat-tahlukah wa ahsinu, innallaaha yuhibbul-muhsiniin"

Dan infakkanlah (hartamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri, dan berbuatbaiklah. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik." ABE 120123.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...