Rabu, 04 Mei 2011

Ingat Lima Sebelum Lima

Oleh : Muhammad Badri

Sebuah keniscayaan bahwa segala sesuatu akan ada akhirnya. Buku yang kita baca ini suatu saat akan rusak dan hilang, mata yang kita gunakan untuk membaca suatu saat juga akan rabun, tangan yang kita gunakan untuk memegang buku ini suatu saat akan lemah dan kulitnyapun akan mengeriput.
Singkatnya segala yang yang ada di dunia ini akan musnah dan ada akhirnya. Tidak ada yang abadi di dunia ini.
Lantas kalau demikian bagaimana kita memanfaatkan seluruh nikmat yang ada ini sebelum hilang?. Mengoptimalkan dan memanfaatkannya untuk sesuatu yang diridhai oleh-Nya itulah jawabannya.
Nabi kita yang mulia Muhammad صلى الله عليه وسلم   menasehati kita dalam sebuah haditsnya :
أخبرني الحسن بن حليم المروزي ، أنبأ أبو الموجه ، أنبأ عبدان ، أنبأ عبد الله بن أبي هند ، عن أبيه ، عن ابن عباس ، رضي الله عنهما قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم لرجل وهو يعظه : « اغتنم خمسا قبل خمس : شبابك قبل هرمك ، وصحتك قبل سقمك ، وغناءك قبل فقرك ، وفراغك قبل شغلك ، وحياتك قبل موتك » « هذا حديث صحيح على شرط الشيخين ولم يخرجاه »
“Dari Ibnu Abbas dia berkata: telah bersabda Rasululloh, seraya menasehati seseorang: Jagalah olehmu lima perkara sebelum datang lima perkara yang lainnya, jaga masa mudamu sebelum tuamu, jaga masa sehatmu sebelum datang waktu sakit, jaga masa kayamu sebelum jatuh miskin, jaga masa lapangmu sebelum sempit, dan jaga masa hidupmu sebelum datang kematian”.(Mustadrok Hakim kitab roqooq :4/306)
Dan disebutkan dalam hadits yang lain:
عَنْ ابْنِ عُمَرْ رضي الله عَنْهُمَا قَالَ : أَخَذَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم بِمَنْكِبَيَّ فَقَالَ : كُنْ فِي الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيْبٌ أَوْ عَابِرُ سَبِيْلٍ . وَكاَنَ ابْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا يَقُوْلُ : إِذَا أَمْسَيْتَ فَلاَ تَنْتَظِرِ الصَّبَاحَ، وَإِذَا أَصْبَحْتَ فَلاَ تَنْتَظِرِ الْمَسَاءَ، وَخُذْ مِنْ صِحَّتِكَ لِمَرَضِكَ، وَمِنْ حَيَاتِكَ لِمَوْتِكَ . [رواه البخاري]
Dari Ibnu Umar Jadilah engkau di dunia ini seakan-akan sebagai orang asing atau pengembara. Lalu Ibnu Umar رضي الله عنهma berkata : "Jika engkau di waktu sore, maka janganlah engkau menunggu pagi dan jika engkau di waktu pagi, maka janganlah menunggu sore dan pergunakanlah waktu sehatmu sebelum kamu sakit dan waktu hidupmu sebelum kamu mati".( Hadits riwayat Bukhori kitab roqooq: 6416)
Secara bahasa kata اغتنم artinya adalah mengambil kelebihan atau mengambil keuntungan, jadi artinya adalah peliharalah, ambillah atau jagalah lima perkara sebelum datang lima perkara yang lainnya.
Dalam hadist tersebut Nabi kita menerangkan dan memerintahkan kepada umatnya agar menjaga lima hal sebelum datang perintah untuk menjaga lima hal yang lain, karena bagaimana mungkin manusia akan mampu melaksanakan perintah dalam jumlah yang banyak sedangkan perintah yang sebelumnya saja belum dikerjakan.
Adapun hadist yang kedua disebutkan sebagai penguat hadist yang sebelumnya dan sebagai penjelas. Intinya sama yaitu kita disuruh untuk memperhatikan beberapa hal tersebut.
Dalam hadits tersebut terdapat beberapa hal yang menjadi penekanan berkaitan dengan segala sesuatu yang akan musnah dan sirna. Pengertiannya tentu tidak hanya yang ada di dalam hadits ini, tersirat padanya hal-hal yang memiliki esensi yang sama, semisal memaksimalkan dunia ini untuk akhirat nanti. Selain dua hadits tersebut masih banyak lagi hadist-hadits serupa maknanya yang menjelaskan tentang hal tersebut.
Secara ringkas lima hal yang harus kita perhatikan dan kita jaga adalah sebagai berikut;
1)   Jagalah masa mudamu sebelum masa tuamu
2)   Jagalah masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu
3)   Jagalah masa kayamu sebelum datang miskinmu
4)   Jagalah masa lapangmu sebelum masa sempitmu
5)   Jagalah masa hidupmu sebelum datang kematianmu
Untuk lebih jelasnya pada tulisan ini insya Allah akan disebutkan manfaat yang dapat kita ambil dari masing-masing lima perkara yang disebutkan sebelumnya, dan bagaimana caranya untuk menjaga lima hal tersebut.


7 komentar:

  1. assalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
    minta ijin untuk copas, dan akan saya simpan di dokumen Group Panti Asuhan Darul Farroh Kab.Tegal (group facebook)

    BalasHapus
  2. Waalaikum salam. Silahkan, dengan senang hati untuk umat Islam...

    BalasHapus
  3. as.wr.wb. izin copas buat majelis dzikir. jatinangor bandung

    BalasHapus
  4. Silahkan dengan senang hati, semoga bermanfaat....

    BalasHapus
  5. assalamu'alaikum . mohon izin copas dari cipinang

    BalasHapus
  6. Ijin copas sebagian ngih untuk disebarkan

    Suwun

    BalasHapus

Please Uktub Your Ro'yi Here...