Rabu, 25 Mei 2011

Sisi Dalam Manusia

Abdurrahman MBP

Surat alRad/13:10, mengisyaratkan bahwa manusia memiliki sisi dalam dan sisi luar.
سَوَاءٌ مِنْكُمْ مَنْ أَسَرَّ الْقَوْلَ وَمَنْ جَهَرَ بِهِ وَمَنْ هُوَ مُسْتَخْفٍ بِاللَّيْلِ وَسَارِبٌ بِالنَّهَارِ
Sama saja (bagi Tuhan), siapa diantaramu yang merahasiakan ucapannya, dan siapa yang berterusterang dengan Ucapan itu, dan siapa yang bersembunyi di malam hari dan yang berjalan (menampakkan diri) di siang hari. (Q.s alRad/13:10)
Kesanggupan manusia untuk merahasiakan dan berterusterang ( (أسر وجهر dengan ucapannya merupakan petunjuk adanya sisi dalam dan sisi luar dari manusia. AlQur’an juga menyebut hubungan antara sisi dalam dan sisi luarnya. Jika sisi luar manusia dapat dilihat pada perbuatan lahirnya, maka sisi dalam, menurut alQur’an berfungsi sebagai penggeraknya. Surat alSyams : 7
وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّاهَا
…dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya).
Ayat ini secara tegas menyebut nafs sebagai jiwa, yaitu sesuatu yang ada pada jasad manusia. Jadi sisi dalam manusia adalah jiwanya.
Sekurang-kurangnya alQur’an dua kali menyebut nafs sebagai sisi dalam yang mengandung potensi sebagai penggerak tingkah laku, yaitu pada surat alRad/13: 11 dalam surat alAnfal / 8: 53
إِنَّ اللَّهَ لا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ
Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaanyang ada pada nafs mereka sendiri. (Q.s AlRad/13:11)
ذَلِكَ بِأَنَّ اللَّهَ لَمْ يَكُ مُغَيِّرًا نِعْمَةً أَنْعَمَهَا عَلَى قَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ وَأَنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
(siksaan) yang demikian itu adalah Karena Sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan meubah sesuatu nikmat yang Telah dianugerahkanNya kepada suatu kaum, hingga kaum itu meubah apaapa yang ada pada diri mereka sendiri dan Sesungguhnya Allah Maha mendengar lagi Maha Mengetahui. (Q.s alAnfal/8:53)
Pada surat alRa’d/13: 11 di atas, ada dua kalimat yang menunjukkan keadaan sesuatu pada kaum, yaitu kalimat مابقوم dan ما بأنفسهم . dalam kaidah bahasa Arab, huruf ما pada kalimat مابقوم dan ما بأنفسهم mengandung arti berita ماخبرية) ). Jadi مابقوم artinya apa yang ada pada sesuatu kaum, dan مابأنفسهم artinya apa yang ada pada nafs atau sisi dalam mereka. Sedangkan apa kandungan huruf ma dapat dilihat pada konteks ayat tersebut atau munasabah dari ayat sebelum dan sesudahnya.
Surat alRad/13: 17 menyebutkan tentang kekuasaan Allah dan kesempurnaan ilmuNya pada system jagad raya, serta keheranannya terhadap orang kafir yang tidak percaya. Ayat 89 menyebutkan kesempurnaan pengetahuan Allah terhadap kapasitas dan proses kejadian manusia ketika masih dalam kandungan ibunya. Allah telah menetapkan kapasitas ( ( مقدا ر manusia satu persatu sejak dini. Ayat 10 mengisyaratkan bahwa manusia memiliki sisi luar dan sisi dalam, sisi yang tampak dan sisi yang tidak tampak, yang keduanya tampak jelas bagiNya.
Pada ayat 11, alQur’an menegaskan komitmen Tuhan dalam memberikan rahmat kepada manusia, yakni dengan mengirimkan malaikat rahmat untuk selalu menyertai, mengawasi dan menjaganya. Meskipun demikian manusia tetap diberi ruang yang besar untuk menggapai apa yang diinginkan, sehingga apa yang dicapai bergantung usahanya.
Tuhan tidak hanya memberikan anugerah berupa nikmat kepada manusia atau masyarakat, tetapi juga memberi kesempatan kepada mereka untuk serta dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Jadi ما بقوم pada surat alRad / 13:11 mengisyaratkan peluang keberhasilan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada surat alAnfal/ 8: 53, secara lebih jelas disebutkan bahwa apa yang ada pada suatu kaum itu ialah nikmat Allah bagi manusia. 
Ayat sebelumnya (52) dan sesudahnya (54) secara jelas menceritakan pasang surut kejayaan dan keturunan Fir’aun dan orangorang sebelumnya dimana siksaan Tuhan dating disebabkan oleh perbuatan meraka mendustakanNya.
Jadi surat alAnfal/ 8:53 mengisyaratkan bahwa kejayaan suatu kaum bergantung kepada apa yang ada dalam nafs mereka, karena Tuhan tidak akan mencabut atau mendatangkan suatu tingkat kesejahteraan begitu saja kepada suatu kaum tanpa peran mereka, dan peran itu bersumber dari apa yang ada dalam nafs mereka.
Dengan demikian kata مابأنفسهم mengisyaratkan bahwa nafs itu merupakan sisi dalam manusia yang juga merupakan wadah bagi suatu potensi, dan sesuatu itu sangat besar perannya bagi perbuatan manusia. Apa yang ada di dalam nafs manusia berperan besar dalam mempertahankan, menambah atau mengurangi tingkat social ekonomi masyarakat.
Baik surat alRad maupun alAnfal mengubungkan apa yang ada di dalam nafs dengan perubahan. Apa yang tersembunyai dalam nafs, dan dari sana lahir perbuatan akan dapat melahirkan perubahanperubahan besar dalam kehidupan manusia di muka bumi ini. Pekerjaan melakukan perubahan adalah pekerjaan yang melibatkan gagasan, perasaan dan kemauan. Oleh karena itu apa isi anfus seperti yang dimaksud dalam term مابأنفسهم pastilah suatu potensi, atau sekurang-kurangnya di antara muatan nafs adalah potensi, yakni potensi untuk merasa, berpikir dan berkemauan.
Dari term ما بأنفسهم dapat dipahami bahwa nafs bukan alat, tetapi lebih merupakan wadah yang di dalamnya terdapat aneka fasilitas. Ia merupakan ruang dalam atau rohani manusia yang sangat luas yang juga menampung aneka fasilitas, ibarat ruang besar yang berkamarkamar, menampung seluruh aspek nafs manusia, yang diisi dari maupun yang tidak disadari. Hal ini diisyaratkan dalam surat Thaha/ 20: 7 yang berbunyi:
وَإِنْ تَجْهَرْ بِالْقَوْلِ فَإِنَّهُ يَعْلَمُ السِّرَّ وَأَخْفَى
Dan jika kamu mengeraskan ucapanmu, Maka Sesungguhnya dia mengetahui rahasia dan yang lebih tersembunyi.
Menurut alMaraghi, alsirr atau rahasia adalah apa yang dirahasiakan seseorang kepada orang lain, sedangkan makna akhfa atau yang tersembunyi adalah apa yang terlintas di dalam hati tetapi sudah tidak disadari, mungkin sama dengan apa yang dalam istilah Ilmu Jiwa disebut alam bawah sadar.[1]


[1] Ahmad Mushthafa alMaraghi, op.cit vol. Vi, h. 96

1 komentar:

  1. Bisa kasih penjelasan yang kira2 lebih mudah di pahami,, karena kurangnya ilmu saya membuat susah untuk saya mengerti,,he.. Terima kasih,,

    BalasHapus

Please Uktub Your Ro'yi Here...